Teknik Fisioterapi Apa Yang Digunakan Dalam Pengobatan

Teknik Fisioterapi Apa Yang Digunakan Dalam Pengobatan

Teknik Fisioterapi Apa Yang Digunakan Dalam Pengobatan – Ada beberapa teknik fisioterapi yang digunakan fisioterapis untuk membantu pasien mereka meningkatkan kualitas hidup mereka. Teknik khusus yang akan digunakan fisioterapis Anda akan bergantung pada cedera atau sumber nyeri kronis Anda. Ahli fisiologi olahraga Anda akan menilai kebutuhan Anda selama konsultasi pertama Anda dan mengembangkan rencana perawatan yang dirancang untuk meningkatkan mobilitas Anda dan mengurangi tingkat rasa sakit Anda.

Ada berbagai macam teknik fisioterapi yang dapat membantu Anda merasa lebih kuat dan menjadi lebih baik. Berikut adalah beberapa jenis teknik fisioterapi yang paling umum yang mungkin Anda temui selama sesi Anda:

Teknik Fisioterapi Pijat

Sebagai salah satu terapi manual paling populer, pijat memungkinkan fisioterapis untuk memanipulasi otot dan jaringan Anda, meningkatkan aliran darah dan meningkatkan mobilitas. Efek jangka pendek ini sama pentingnya dengan manfaat jangka panjang pijat, seperti membantu mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan menurunkan tingkat kecemasan.

Gerakan dan Latihan

Fisioterapis Anda dapat merekomendasikan gerakan dan latihan khusus untuk teknik fisioterapi yang akan membantu Anda pulih dari cedera atau mengurangi tingkat rasa sakit Anda. Aktivitas teratur dapat meningkatkan mobilitas Anda, dan fisioterapis Anda dapat membantu Anda menemukan alat yang tepat untuk membantu Anda bergerak, seperti alat bantu jalan atau kruk.

Latihan perbaikan dirancang untuk membantu Anda memperkuat bagian tubuh Anda yang membutuhkan perhatian. Anda biasanya akan melakukan latihan ini di bawah pengawasan fisioterapis Anda sebelum diberikan instruksi untuk latihan di rumah. Fisioterapis Anda mungkin menyarankan untuk mencoba latihan peregangan seperti Pilates di antara sesi.

Teknik Fisioterapi Apa Yang Digunakan Dalam Pengobatan

Pemeriksaan

Pita terapi diterapkan ke area tertentu dari tubuh Anda untuk memberikan dukungan tambahan dan untuk membantu pemulihan Anda.

Stimulasi Saraf Listrik Transkutan (TENS)

Unit TENS dapat meredakan nyeri, baik Anda mengalami nyeri kronis maupun nyeri akut. Ia bekerja dengan mengirimkan impuls listrik ke sistem saraf Anda melalui unit yang melekat pada tubuh Anda melalui bantalan perekat.

Saat mengirim impuls listrik mungkin terdengar menyakitkan, hasilnya sebenarnya adalah pengurangan rasa sakit, karena gelombang listrik mengurangi kemampuan sistem saraf untuk mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak Anda. Pada saat yang sama, impuls listrik ini merangsang produksi endorfin, yang bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami.

Baca Juga : Apa latihan fisioterapi terbaik?

 USG

Ultrasonografi sering digunakan untuk meningkatkan mobilitas jaringan lunak. Ia bekerja dengan menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk merangsang sirkulasi darah dan mempercepat penyembuhan pada tingkat sel.

Akupunktur dan Jarum Kering

Metode penyembuhan kuno ini telah terbukti mengurangi rasa sakit dan membantu pemulihan. Baik akupunktur dan tusuk jarum kering bekerja dengan menempatkan jarum yang sangat tipis di titik-titik tertentu di seluruh tubuh.

Dengan akupunktur, tujuannya adalah untuk mengembalikan energi ke seluruh tubuh dengan menempatkan jarum di sepanjang meridian Anda. Dengan tusuk jarum kering, tujuannya adalah untuk mengurangi rasa sakit dengan menempatkan jarum pada titik pemicu. Tidak semua fisioterapis dapat melakukan akupunktur atau tusuk jarum kering, karena keduanya memerlukan pelatihan tambahan.

Teknik Fisioterapi Hidroterapi

Melakukan gerakan dan latihan di dalam air dapat meningkatkan mobilitas tanpa memberikan tekanan yang berlebihan pada persendian. Selain itu, karena Anda tidak perlu khawatir akan terluka karena terjatuh, hidroterapi dapat berguna untuk melatih keseimbangan bagi penderita cerebral palsy atau kondisi lain yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan.

Fisioterapi Di Tempat Kerja

Banyak pekerja kantoran terluka karena tidak memiliki pengaturan meja yang tepat. Seorang fisioterapis dapat membantu Anda menemukan solusi ergonomis dan bekerja sama dengan Anda untuk memperbaiki postur Anda untuk mengurangi nyeri punggung, leher, dan bahu dengan menggunakan Teknik Fisioterapi.

Lapisan gula

Banyak fisioterapis akan meminta Anda untuk membekukan bagian tubuh Anda yang telah mereka kerjakan setidaknya selama 15 menit di akhir sesi dalam menggunakan teknik fisioterapi ke pada tubuh Anda. Ini untuk mengurangi peradangan dan membantu proses penyembuhan dan pemulihan.

Apa pun rencana perawatan yang disiapkan fisioterapis untuk Anda, penting bagi Anda untuk mengikuti saran mereka, bahkan saat Anda berada di rumah. Bicaralah jika Anda merasa sakit selama perawatan, karena rencana perawatan Anda mungkin perlu disesuaikan untuk memastikan Anda tidak melakukannya secara berlebihan.


Leave a Reply

Your email address will not be published.